LINE,
PRODUK JEPANG YANG GO INTERNASIONAL
Warga
Jepang lazim menggunakan kereta komuter untuk bepergian kemana-mana. Banyak
waktu yang dihabiskan di atas kereta komuter, hal tersebut memakan waktu 28%
penggunaan perangkat mobile di Jepang, dengan sebagian besar digunakan untuk
keperluan berinteraksi melalui media social. Oleh karena itu perangkat mobile
menjadi bagian esensial dalam perjalanan tersebut.
Sekitar Sembilan bulan lalu mungkin
sebagian besar orang di kereta komuter di Jepang masih menggunakan Twitter,
yang memiliki kira-kira 20 juta pengguna. Tapi kemudian sebagian besar beralih
ke platform lokal Line yang diluncurkan oleh NHN pada 2011.
Dimotori oleh dukungan iklan yang kuat
dan endorsement dari para selebriti, aplikasi yang menyediakan panggilan gratis
dan layanan chatting melalui smartphone, tablet, dan desktop sekarang menjadi
jaringan social yang begitu cepat tumbuh. Sekarang mencapai 50 juta pengguna
hanya dalam 399 hari. Pada Januari 2013, Line mencapai 40 juta pengguna di Jepang
dan sekitar 60% perempuan Jepang usia 20-30 menggunakan platform tersebut
setiap hari. Demikian menurut riset internal dari Line. Line dan induknya NHN
telah menghasilkan uang melalui jaringan ini dengan memotivasi pengguna untuk
tak sekadar mengikuti merek tapi mengambil satu tindakan. Hal tersebutlah yang
membuat Line terasa atraktif di mata para pelaku pemasaran ritel.
Sesuai dengan riset yang didanai oleh
Line, lebih dari separuh perempuan menjadi follower akun resmi merek. Sebagai
tambahan, 63% pengguna membaca pesan merek, 32% pernah menggunakan kupon yang
dikirim melalui Line, dan sekitar 27% pernah mengklik link yang diberikan. Para
pemasang iklan di Line harus bayar. Ada tarif tetap dan jumlah pesan dibatasi
dengan ketat. Sebagai contoh, kampanye merek empat minggu dengan lima pesan
akan memakan biaya 81 ribu dollar US, sementara kampanye 12 minggu dengan 15
pesan merek akan membuat Anda dikenai biaya 151 ribu dollar US.
Salah satu aspek yang patut dicermati
dari Line dengan pertumbuhannya yang cepat dan model bisnis dengan pembiayaan
dari iklan, adalah bahwa begitu banyak bisnis yang dirangkul ke dalamnya
dengan cepat. Di satu sisi konsumen di Jepang termasuk cepat mengadaptasi hal
baru, sebaliknya di sisi lain dunia bisnis Jepang justru sering teramat
berhati-hati terhadap platform baru.
Sebagaimana Line yang menjadi semakin
global, NHN akan mengambil kesempatan untuk melihat apakah
karakteristik-karakteristik di atas dapat diterapkan di luar Asia. Hasil awal
cukup menjanjikan: Line mengklaim telah menjadi aplikasi yang paling sering
diunduh di lebih dari 40 negara dan tersedia dalam 230 pasar.
Layanan-layanan semacam Line Play
sekarang tersedia dalam bahasa Inggris, dan aplikasi tersebut tersedia untuk
iPhone, Android, Blackberry, dan ponsel berbasis Windows. Pada Februari lalu,
Line telah menandatangani perjanjian dengan Nokia untuk menjadikannya paket
yang tersedia dalam ponsel Asha di seluruh Asia.
Sumber :
Slot Machines - JamBase
BalasHapusThe casino has a great 강원도 출장안마 selection of slot 여주 출장안마 games and table games like blackjack, craps, poker, roulette, video poker, 제천 출장마사지 video poker, 안동 출장안마 keno 여수 출장마사지 and 3 card poker.