Jumat, 31 Januari 2014

Softskill 30



HINDARI DUDUK SETELAH BERMAIN FUTSAL


    Setelah bermain futsal, apa yang biasanya Anda lakukan? Sebagian besar pria biasanya akan langsung duduk atau tiduran karena merasa kelelahan. Padahal dokter justru melarang kebiasaan tersebut dan menganjurkan Anda untuk tidak lupa melakukan pendinginan. Nah, seperti apakah pendinginan yang tepat?

    “Iya seharusnya jalan-jalan dulu sebentar, paling tidak setelah selesai bermain jalan santai dulu keliling lapangan futsal. Serupa seperti saat pemanasan, hanya saja intensitasnya lebih ringan.” Papar dr. Michael Triangto, SpKO, saat berbincang dengan detikHealth.

       Pendinginan menurut dr. Michael tak harus dilakukan dengan gerakan berlari cepat atau jogging, cukup dilakukan dengan aktivitas ringan seperti berjalan santai. Dengan begitu, tubuh secara perlahan akan melakukan adaptasi terhadap penurunan intensitas tubuh.

    Sebaliknya, jika aktivitas tubuh yang tadinya sedang sangat tinggi saat bermain futsal lalu langsung berhenti secara tiba-tiba, dalam hal ini langsung duduk atau bahkan tiduran, maka akan menimbulkan efek yang tak baik terhadap aliran darah di tubuh. Oleh sebab itu, dr. Michael mengajurkan untuk tidak langsung duduk atau tiduran.

      “Kalau langsung duduk, apalagi tiduran, itu sangat tidak boleh, sebab darah masih terkonsentrasi di tungkai bawah. Kebiasaan ini bisa menimbulan efek pusing dan gelap pada pandangan si pemain itu.” Karena aliran darah yang masih terkonstrasi di bagian bawah tubuh, otomatis aliran darah yang ada di bagian atas tubuh, termasuk di sekitar jantung, sedang berada dalam kondisi kurang. Tak hanya itu, aliran darah yang mengalir ke otak juga sedang menurun. Oleh sebab itu, bisa juga orang tersebut berisiko jatuh dan inilah yang berbahaya. “Nah itulah sebabnya orang bisa langsung gelap pandangannya kalau langsung tiduran atau duduk setelah main futsal.” Tambahnya.

    Futsal akhir-akhir ini tengah popular, terutama di kalangan pria. Sebelum Anda melakukannya, pastikan Anda melakukannya diawali dengan pemanasan selama 10-15 menit dan diakhiri dengan pendinginan ringan selama lebih kurang 10 menit.


Referensi:

health.detik.com  
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar