Jumat, 31 Januari 2014

Softskill 22

KANTOR AKUNTAN PUBLIK (The Big Four)


The Big Four Auditors adalah kelompok empat firma Jasa Profesional dan akuntansi internasional terbesar di dunia, yang menangani mayoritas pekerjaan audit untuk perusahaan public mapun perusahaan swasta. Empat besar auditor tersebut adalah:
 
1. Pricewaterhouse Cooper
2. Deloitte Touche Tohmatsu
3. Ernst & Young
4. KPMG

Pada awalnya kelompok Big 4 ini dikenal dengan nama Big 8, akan tetapi dengan melalui serangkaian merger dan juga skandal besar dunia, maka jadilah kelompok ini kita kenal sebagai The Big 4 Auditors. Berikut sejarah singkat tentang perubahan The Big 8 hingga menjadi The Big 4.
Sejarah The Big 4

Pada tahun 1979, ada 8 kantor akuntan public besar yang dikenal dengan nama Big 8 yang mendominasi di dunia internasional, delapan kantor akuntan tersebut adalah:

1.    Arthur Andersen
2.    Arthur Young & Company
3.    Coopers & Lybrand
4.    Ernst & Whinney
5.    Deloitte, Haskins and Sells
6.    KPMG
7.    Price Waterhouse
8.    Touche Ross

 Pada Juni 1989 Ernst & Whinney memutuskan untuk bergabung dengan Arthur Young dan kemudian membentuk Ernst & Young. Kemudaian pada bulan Agustus ditahun yang sama Deloitte, Haskins & Sells pun melakukan merger dengan Touche Ross yang kemudian menghasilkan kantor akuntan public Deloitte & Touce. Maka dengan ini, kelompok big 8 berubah menjadi big 6.

 Pada Juli 1998 kantor akuntan Price Waterhouse memutuskan untuk bergabung dengan kantor Coopers & Lybrand  yang kemudian membentuk kantor akuntan Price Waterhouse Coopers. Dengan terbentuknya kantor akuntan Price Waterhouse Coopers ini, maka kelompok The Big 6 berubah menjadi The Big 5 dengan anggota 5 kantor akuntan sebagai berikut :

1. Arthur Andersen
2. Pricewaterhouse Coopers
3. Deloitte Touce Tohmatsu
4. Ernst & Young
5. KPMG

 Pada tahun 2001 terjadi suatu peristiwa yang kita ketahui sebagai skandal Enron. Dalam skandal Enron ini, kantor akuntan Arthur Andersen didakwa melawan hukum karena menghancurkan dokumen-dokumen yang berkaintan dengan pengauditan Enron, dan dianggap menutup-nutupi kerugian jutaan dolar dalam skandal Enron. Kejadian ini menyebabkan kebangkrutan bisnis Arthur Andersen yang bersifat global. Kantor-kantor partner di seluruh dunia yang berada dibawah bendera Arthur Andersen seluruhnya dijual dan kebanyakan bergabung menjadi kantor akuntan internasional lainnya. Dengan adanya kejadian ini, maka hanya tersisa empat kantor akuntan internasional yang kita kenal dengan nama The Big 4 sampai saat ini.

The Big 4 di Indonesia :
 
Berikut ini kantor akuntan The Big 4 dengan afiliasinya di Indonesia,

1. KAP Purwantono, Sarwoko, Sandjaja – affiliate of Ernst & Young
2. KAP Osman Bing Satrio – affiliate of Deloitte
3. KAP Sidharta, Sidharta, Widjaja – affiliate of KPMG  
    KAP Haryanto Sahari – affiliate of PwC



Tidak ada komentar:

Posting Komentar