Senin, 21 Oktober 2013

Softskill Pembahasan 2

BIDANG USAHA YANG PROSPEKTIF SAAT INI


        Banyak macam-macam bidang usaha atau bisnis yang bisa digeluti saat ini terutama usaha yang bisa menguntungkan si pengusaha dan dapat diterima oleh masyarakat luas. Contohnya banyak, seperti usaha kuliner, warnet, service elektronik, bengkel motor dan mobil, fotokopi, percetakan, penyewaan kendaraan, tour guide perjalanan wisata, dan masih banyak lagi. Tapi ditulisan ini penulis akan mencoba untuk menjelaskan tentang peluang usaha bimbel (bimbingan belajar).

          Bimbingan belajar atau yang lebih dikenal dengan sebutan bimbel ini telah ada sedari dulu, bisnis ini cukup menguntungkan terutama bagi para pelaku usaha bisnis ini karena banyak peminatnya mulai dari anak SD hingga Perguruan Tinggi (Universitas). Mereka (para pengajar) diminta oleh para siswa dan mahasiswa untuk mengajarkan apa-apa yang tidak diajarkan di sekolah atau di kampus mereka, dan ketika materi tersebut itu diajarakan di sekolah para siswa itu sudah mengerti terlebih dahulu sehingga mereka sudah lebih dulu paham daripada siswa yang lainnya.

           Namun, untuk memulai bisnis ini, Anda harus memiliki keahlian dalam menguasai mata pelajaran tertentu serta kemampuan mengajar murid. Anda dapat membuka usaha ini dirumah secara kecil-kecilan dan menawarkan kepada tetangga sekitar. Selain itu, bisa juga diadakan promosi ke sekolah-sekolah dengan menggunakan brosur atau membuat spanduk yang di tempatkan pada jalan-jalan protokol yang mudah terlihat di masyarakat.


Berikut adalah beberapa Tips untuk memulai Bisnis Bimbingan Belajar :

1. Niat,
Niat yang tulus untuk membantu siswa  agar lebih pintar, janganlah hanya untuk mencari keuntungan yang besar tetapi pengajarannya di sepelekan, jika niat Anda hanya ingin untuk mendapatkan penghasilan yang besar, lebih baik jadi manajer saja.

2. Ketulusan
Ketulusan dalam hati bahwa sifatnya bimbel itu untuk membantu siswa. Bukan hanya akal-akalan mencari keuntungan.


3. Jangan menyerah
Banyak hal yang membuat Anda akan berputus Asa dengan mendirikan Bimbel, seperti halnya siswa tidak pernah melunasi administrasi, orang tua komplain anaknya tidak ada, dan lain sebagainya.


4. Teknik promosi yang tepat
Adakan promosi ke sekolah-sekolah dengan menggunakan brosur atau membuat spanduk yang di tempatkan pada jalan-jalan protokol yang mudah terlihat di masyarakat.

5. Menggunakan sistem Administrasi dan Pembagian Tugas yang tepat sangat membantu dalam kegiatan operasional Bimbel

6. Buatlah Kurikulum sendiri yang disesuaikan dengan Standar Kurikulum Nasional, tetapi dengan Teknik-teknik penyampaian yang berbeda.

7. Berlatihlah dan jangan bosan untuk selalu membuat inovasi-inovasi baru dalam penyampaian materi-materi pelajaran.

8. Terakhir dan Paling Penting adalah Berdoa dan jangan lupa “Manusia hanya bisa berusaha, hasil dan Kemenangan adalah milik Allah SWT.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar