PERUSAHAAN & LINGKUNGAN PERUSAHAAN
Pengertian Perusahaan
Tempat Kedudukan/Layout
Pemilihan tempat dan letak perusahaan
merupakan faktor penting untuk menjamin tercapainya:
1.
Tujuan perusahaan
2.
Efisiensi perusahaan
3.
Daerah pemasaran produk
1. Tempat kedudukan perusahaan, adalah kantor pusat perusahaan tersebut yang dipengaruhi oleh faktor kelancaran hubungan dengan lembaga lainnya.
2. Letak perusahaan, adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik dipengaruhi oleh factor ekonomi, untuk efisiensi yang berkaitan dengan biaya.
3. Jenis-jenis letak perusahaan, dibedakan menjadi empat yaitu:
a. Terikat pada alam. Pada umumnya karena tersediaan dan kemudahan bahan baku.
Perusahaan & Lembaga Sosial
Perusahaan adalah suatu unit kegiatan
produksi yang menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat jadi bukan untuk
mencapai keuntungan maximal tapi juga mempunyai tujuan membuka kesempatan
kerja, pertimbangan politik dan upaya pengabdian kepada masyarakat. Tujuan
pendirian perusahaan, dibedakan menjadi dua yaitu:
a. Tujuan ekonomis Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya. Contoh : Menciptakan laba, pelanggan, keinginan konsumen, tenaga produk, kualitas, harga, kuantitas, pelanggan (inovatif).
b. Tujuan sosial
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Perusahaan memperhatikan keinginan investor, karyawan, penyedia, faktor-faktor produksi, maupun masyarakat luas.
Kedua tujuan tersebut saling mendukung untuk mencapai tujuan utama perusahaan, yaitu memberi kepuasan kepada keinginan konsumen ataupun pelanggan.
Berbagai Macam Lingkungan Perusahaan dan Pengaruh Terhadap Perusahaan
1. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal perusahaan yang berpengaruh
tidak langsung terhadap kegiatan perusaan. Lingkungan eksternal meliputi
variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di
dalam lingkungan societal ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi di
dalam lingkungan kerja (industri) organisasi. Variabel-variabel eksternal ini
terbagi menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan peluang, Lingkungan eksternal
perusahaan dapat dibedakan menjadi :
a. Lingkungan eksternal makro, adalah lingkungan
eksternal yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
b. Lingkungan eksternal mikro, adalah lingkungan
eksternal yang pengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
2. Lingkungan Internal
Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Lingkungan internal dalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi.
Pendekatan Dalam Perusahaan (Resiko)
adalah mengidentifikasi terlebih dahulu
risiko-risiko yang mungkin akan dialami oleh perusahaan, setelah
mengidentifikasi maka dilakukan evaluasi atas masing-masing risiko ditinjau
dari severity (nilai risiko) dan frekuensinya. Tahap terakhir adalah
pengendalian risiko. Dalam tahap pengendalian risiko dibedakan menjadi 2 yakni
pengendalian fisik (risiko dihilangkan, risiko diminimalisir) dan pengendalian
finansial (risiko ditahan, risiko ditransfer).
saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada narasumber atas referensi blog nya. karena tulisan nya saya dapat
mengerjakan portfolio ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar