Sabtu, 14 April 2012


TUGAS 4

PEMBIAYAAN SEKTOR MIKRO & CORPORATE

 Pembiayaan adalah kegiatan pembiayaan untuk pengadaan barang berdasarkan kebutuhan konsumen dengan pembayaran secara angsura. Pembiayaan konsumen termasuk ke dalam jasa keuangan dan dapat dilakukan baik oleh bank ataupun lembaga keuangan non-bank dalam bentuk perusahaan pembiayaan.

           Pembiayaan Sektor Mikro disini adalah pembiayaan yang diberikan kepada pengusaha mikro. Maksud dari pengusaha mikro disini adalah orang yang menjalankan usaha produktif milik keluarga atau perorangan dan memiliki hasil penjualan paling banyak Rp 100.000.000 (Seratus Juta Rupiah). Contohnya usaha perdagangan kecil-kecilan seperti Penjahit, Warung Makan, PKL (Pedagang Kaki Lima, Pada zaman sekarang, bank-bank di Indonesia sudah banyak yang membuka pembiayaan untuk sektor ini. Seperti Sejumlah bank syariah tahun 2012 ini akan memperbesar portofolio pembiayaan ke sektor mikro. Hal ini disebabkan segmentasi pasar sektor mikro dinilai memiliki potensi nasabah yang besar dan sudah seharusnya sektor mendapatkan prioritas utama karena yang menjalankan sektor mikro tidak semuanya memiliki sejumlah uang untuk modal usaha, selain itu, sektor mikro ini juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat luas dan tentunya menguntungkan bagi Pemerintah.

            Pembiayaan Corporate (Perusahaan Pembiayaan) adalah lembaga keuangan yang memberikan pembiayaan dalam pengadaan aktiva tetap kepada pihak lain, baik individu maupun perusahaan, dan dananya tidak dikumpulkan secara langsung dari masyarakat. Dalam operasinya, pembiayaan ini mempunyai perbedaan dengan bank, terutama dalam sisi pasivanya. Skema bisnis perusahaan pembiayaan didasari oleh adanya underlying asset; dekatnya jaringan industri pembiayaan dengan industri manufaktur, distributor dan pemegang merek tunggal; serta mudah dan cepatnya pelayanan, membuat industri pembiayaan lebih dekat ke konsumennya dibandingkan industri pemberi kredit sejenis. Tujuan dari pembiayaan corporate ini tidak lain adalah mendapatkan keuntungan dan memaksimumkan kekayaan pemilik.


Pembiayaan manakah yang lebih menguntungkan dari keduanya?

            Menurut saya pembiayaan yang paling menguntungkan adalah Pembiayaan Mikro, karena sebagian besar masyarakat Indonesia adalah pelaku usaha mikro, kalau kita bisa meningkatkan performance mereka. Mereka dapat keuntungan, maka secara tidak langsung kita ikut meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia. Karena efek multiplayernya lebih cepat dibandingkan dengan memberi pembiayaan kepada sektor besar. Misalnya kita punya dana Rp1 Milyar dan kita melakukan pembiayaan sebesar satu juta per orang, berarti ada seribu orang yang bisa kita bantu. Pengalaman dari krisis bangsa Indonesia yang berhasil bertahan bahkan tumbuh dengan baik adalah sektor mikro. Mereka mempunyai daya tahan yang lebih baik dan mempunyai daya adaptasi yang lebih cepat.

Apa saja tantangan dari kedua pembiayaan tersebut?

-          Pembiayaan Mikro

      Peran Bank hanya salah satu sub-sistem
      Produk / jasa market driven
      Mampu mengenali karakteristik pasar

-          Pembiayaan Corporate

       Dana tidak dikumpulkan secara langsung dari masyarakat
       Persaingan antar perusahaan pembiayaan dengan lembaga keuangan semakin ketat
       Bisnis yang dilakukan oleh perusahaan pembiayaan adalah bisnis kepercayaan 



saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada narasumber atas referensi blog nya. karena tulisan nya saya dapat mengerjakan portfolio ini.


REFERENSI :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar